Kilat VM 2

Saya adalah seorang web based system/software developer. Sebagian besar karya saya diletakkan pada shared hosting. Namun untuk beberapa karya lain, saya letakkan pada Kilat VM 2. Saya memilih Kilat VM 2 karena ingin mendapatkan akses penuh pada server. Sehingga saya dapat mengkonfigurasinya sesuai dengan kebutuhan client-client saya. Selain untuk mendapatkan akses yang penuh, saya memilih Kilat VM 2 karena ingin mendapatkan computing power yang utuh, tidak terbagi-bagi. Karena beberapa karya saya membutuhkan RAM dan processing power secara intensif.

Ketika kita membeli jasa dan produk, pastinya kita ingin mendapatkan yang terbaik dari yang kita bayar. Kita mengharapkan jasa yang melayani dengan sopan dan tuntas. Kita mengharapkan produk yang berkualitas tinggi dan handal. Sehingga kita mendapatkan kenyamanan dan terciptalah kepercayaan yang tinggi. Terlebih ketika kita meletakkan barang berharga kita pada jasa dan produk tersebut.

Kilat VM 2 telah mengantarkan saya mengalami hal-hal tersebut. Ibarat kata, sebagai konsumen saya telah menemukan “batu-batu permata” dari sebuah jasa dan produk. Bagaimana tidak? Enam tahun yang lalu, ketika memilih Kilat VM 2, saya mendapatkan akses penuh pada server virtual. Padahal waktu itu saya tidak punya pengalaman yang cukup untuk mengelola server berbasis Linux. Sehingga beberapa hal sederhana masih saya lakukan dengan bantuan google. Seperti menginstall web server, mengupgrade web server. Tetapi ketika saya harus melakukan sesuatu yang krusial dan menemukan jalan buntu, tim technical support CloudKilat selalu memberikan solusi. Tidak pernah gagal. Selalu.

Pelayanan super itu saya dapatkan ketika saya menceritakan hambatan dan kebutuhan saya. Tim technical support selalu berusaha mendengarkan dan memahami kebutuhan saya. Pertanyaan-pertanyaan saya selalu dijawab dengan sopan dan mereka tetap berusaha menjelaskan ketika saya menanyakan hal yang sama beberapa kali karena kesulitan memahami penjelasan mereka.

Sebagai contoh, kira-kira pada tahun 2018 client saya membutuhkan SSL. Pada waktu itu saya tidak tahu bagaimana cara melakukannya. Awalnya saya coba mencari informasi di internet. Namun kemudian saya ketahui bahwa untuk menginstall signed SSL, dibutuhkan email yang domainnya sama dengan domain yang akan dipasang SSL. Kemudian saya hubungi tim technical support dan menyampaikan kebutuhan client saya dan hambatan yang saya temui. Setelah beberapa saat berkonsultasi dengan tim melalui portal CloudKilat, akhirnya saya memilih untuk menginstall cPanel.

Proses instalasi cPanel membutuhkan total system backup. Sementara sistem tersebut dipakai oleh client untuk kegiatan operasional toko dan kantornya. Sehingga saya harus menunggu jam tutup toko si client dan mengkoordinasikan hal ini dengan tim technical support. Pada saat krusial itulah “batu-batu permata” pelayanan itu nampak. Tim technical support sangat menghargai batasan-batasan waktu saya sehingga kami dapat melaksanakan proses instalasi pada waktu yang tepat. Tim technical support pun memberikan layanan hingga tuntas. Setelah proses instalasi cPanel selesai, ada beberapa hal pada sistem yang perlu disesuaikan. Pada waktu itu jam system meleset dari waktu yang sebenarnya. Saya gagal memperbaikinya sendiri. Akhirnya tim technical support memberikan cara yang benar.

Selain menikmati pelayanan super, saya pun menikmati produk super. Saya mulai menggunakan Kilat VM 2 kira-kira pada tahun 2013. Pada awalnya workload masih kecil. Setelah tiga tahun work load sudah jauh berkembang. Sehingga saya harus mengotak-utik teknik pemrograman agar antrian workload bisa diproses dengan sistematis. Dalam proses mengotak-atik itu saya sempat beberapa kali melakukan stress test. Saya mencoba membebani server sedemikian rupa untuk mendapatkan batas kapasitas maksimumnya. Melalui proses stress test itu saya menemukan bahwa server yang sedang digunakan adalah server dengan daya komputasi yang stabil. Kestabilan yang saya temui waktu itu terbukti oleh waktu. Karena performa server masih terukur dalam kriteria yang sama hingga sekarang - setelah enam tahun berselang.

Kecuali karena keperluan maintenance atau karena faktor eksternal seperti masalah listrik atau masalah koneksi internet, hampir tidak pernah mengalami gangguan teknis. Server selalu dapat saya akses dan performanya stabil. Tidak ada yang lebih baik daripada layanan jasa yang sopan dan tuntas. Juga layanan produk yang terkendali, terukur dan stabil. Benar-benar suatu “batu-batu permata” yang dicari oleh setiap customer.

Comments